Friday, September 30, 2016

Sudah cukup lama tidak mengunjungi candi

Foto: www.google.com

Hmmm... Ternyata sudah cukup lama ya saya tidak mengunjungi candi-candi di Jogja dan Jawa Tengah. Terakhir kali saya pergi ke Candi Borobudur ketika saya menemani Ibu Tatiana, seorang guru bahasa Esperanto dari Rusia. 

Selama kurang lebih dua minggu menemaninya ke mana-mana, termasuk ke keraton Yogyakarta, kami berbahasa Esperanto saja. Maklum, saya tidak bisa berbahasa Rusia dan dia pun tidak bisa berbahasa Indonesia dan Inggris. Untung masih ada bahasa Esperanto yang berfungsi dengan baik sebagai "lingua franca" bagi kami. Cukup banyak perjumpaan saya dengan para penutur bahasa Esperanto dari berbagai negara menguatkan keyakinan saya akan manfaat nyata dan kehebatan bahasa ciptaan L. L. Zamenhof ini. Sungguh!

Kembali ke soal mengunjungi candi. Ingin sekali saya mengunjungi lagi Candi Gedong Songo yang saya datangi lebih dari 10 tahun silam. Sebenarnya, ada begitu banyak tempat menarik di Yogyakarta dan Jawa Tengah yang patut dan asyik dikunjungi. Hanya terkadang kita tenggelam dalam lautan urusan kerja sehari-hari. Semoga segera ada kesempatan bagus untuk berwisata.Ω

Yogyakarta, 20 September 2016

No comments:

Post a Comment