Saturday, July 31, 2021

Penyair Berbahasa Spanyol yang Karyanya Saya Baca dan Terjemahkan (01)

Foto: https://www.theparisreview.org

PENYAIR berbahasa Spanyol yang karyanya cukup sering saya baca di awal kemuridan saya (di tahun-tahun pertama di Yogyakarta) adalah Pablo Neruda (1904–1973), si penyair hebat dan pemenang Hadiah Nobel Sastra (1971) dari Cile itu. Syukur, saya sudah menerjemahkan sejumlah karya hebatnya ke bahasa Indonesia, langsung dari bahasa Spanyol (ini sungguh disyukuri!). Dalam proses kreatif yang panjang, hampir pasti kita pernah, entah secara langsung atau tidak langsung, berutang budi kepada seseorang. Kita harus jujur mengakui itu. Kalau dihitung, "utang" saya sudah banyak. ...hahaha. Karena itu, saya perlu terus belajar dan menulis untuk "bayar utang". Salam sastra! 💖

No comments:

Post a Comment