Monday, November 6, 2023

Sebuah Paket Buku Puisi Telah Tiba di Kabupaten Puncak Jaya, Provinsi Papua Tengah, Indonesia

Foto: Dikirim oleh Mbak Tri Eni Setia Ningrum

Tak disangka-sangka, ada pe(me)sanan buku
Lirik Santalum (Yogyakarta, Diandra Kreatif, Mei 2019) dan buku Gitanjali (Sítnatas) (Yogyakarta: Diandra Kreatif, 2019) dari Tanah Papua. Sang pemesan kedua buku puisi itu adalah Mbak Tri Eni Setia Ningrum yang bekerja sebagai perawat di Kab. Puncak Jaya, Prov. Papua Tengah. Ia gemar membaca (buku) puisi. Perlu diketahui bahwa pengiriman paket buku dari Yogyakarta ke Puncak Jaya memerlukan waktu kira-kira dua minggu. Cukup lama, tetapi, syukur, paket buku itu tiba jua di tempat tujuan dalam kondisi prima pada hari ini (Senin, 6 November 2023).

Terima kasih banyak, Mbak Eni. Selamat membaca! Semoga buku-buku dalam bahasa daerah, baik karya asli maupun terjemahan, bermanfaat bagi pelestarian bahasa daerah.
----------------------------------

CATATAN:
  1. Puisi-puisi asli dalam buku Lirik Santalum, baik yang berbahasa Dawan (56 puisi) maupun Tetun Nasional Timor-Leste (56 puisi), sudah pernah diperkenalkan kepada publik pembaca melalui situs puisi, blog, Facebook, dan surat kabar. Sebagian terbesar puisi Dawan ini telah saya terjemahkan sendiri ke bahasa Esperanto dan terbit dalam kumpulan puisi Dawan-Esperanto Feotnai Mapules–Princino Laŭdata (Antwerpen, Belgia: Eldonejo Libera, 31 Desember 2016). Dan hampir seluruh puisi Tetun ini telah muncul di Jornál Semanál Matadalan—mingguan berbahasa Tetun yang pernah terbit di Dili.
  2. Gitanjali (Sítnatas) adalah kumpulan puisi Dawan-Inggris yang memuat 103 puisi Dawan (yang telah saya terjemahkan langsung dari Gitanjali (Song Offerings) versi Inggris [tahun 1913]) dan 103 puisi Inggris (terjemahan Rabindranath Tagore dari karya-karyanya sendiri dalam bahasa Bengali). Rabindranath Tagore adalah pujangga kenamaan India dan sastrawan Asia pertama yang menerima Hadiah Nobel Sastra (tahun 1913). Ia juga adalah pelukis dan komponis (pencipta lagu kebangsaan dua negara: India dan Bangladesh).

No comments:

Post a Comment