Monday, April 11, 2016

Sepintas tentang Arti Sebuah Nama

Foto: http://gracelutheranraleigh.org

Dahulu, pada masa-masa awal saya di Yogyakarta, saya sering ngobrol dengan seorang teman penerjemah (untuk beberapa penerbit) yang punya nama belakang Noor Zaman. Waktu itu, kami sama-sama belajar bahasa Prancis di Lembaga Indonesia Prancis (LIP). Dalam hati, saya berpikir, betapa beratnya tanggung jawab teman saya itu dengan namanya. Yang pasti, disadari atau tidak, setiap orang memikul sebuah tanggung jawab, yang terkadang "terselip" di namanya. Dengan nama depan "Yohanes" (bahasa Ibrani: "Yôḥanan", rahmat Tuhan), walaupun punya segudang keterbatasan, rasanya tanggung jawab saya tidaklah lebih ringan daripada yang dimiliki si Noor Zaman. Ah! Buat apa pusing dengan nama? Apalah arti sebuah nama? (kata-kata Shakespeare yang sudah menjadi mantra klise di hadapan urusan nama). ...hahaha. 

(Yogyakarta, 7 April 2016)

No comments:

Post a Comment