Thursday, June 30, 2016

Tanggal 9 Juni dan Pintu ke Dunia Puisi

Foto: https://dreamastromeanings.com

Tanggal 9 Juni adalah hari bersejarah bagi saya secara pribadi. Setidaknya saya menganggapnya begitu. Empat belas tahun silam, tepatnya tanggal 9 Juni 2002, di Jln. Pugeran Timur, Yogyakarta, saya berusaha menerjemahkan puisi La Puerta karya Alfredo García Valdez, seorang penyair Meksiko, yang saya baca di majalah "Biblioteca de México", nomor 40, Juli-Agustus 1997, hlm. 18. Inilah penerjemahan puisi pertama kali dalam hidup saya. Penerjemahan puisi berbahasa Spanyol ke bahasa Indonesia dengan judul "Pintu" tersebut telah membawa saya memasuki dunia penulisan dan penerjemahan puisi. Tentu saya sudah mengenal puisi jauh sebelumnya, tetapi sebatas sebagai pemelajar dan penikmat sastra. Tiada yang lebih istimewa daripada rasa syukur saya kepada Sang Pujangga Mahaagung, Sang Khalik Mahapuitis, bahwa hingga hari ini, saya masih diberi-Nya kesehatan dan kesempatan untuk terus mengarungi lautan puisi yang tak bertepi. Mohammad Ali Sepanlou (1940–2015), seorang penyair Iran termasyhur, pernah menulis begini, "Puisi berawal dari impian dan berakhir dengan pembebasan." Ini sungguh tepat! Salam sastra,

No comments:

Post a Comment